PROFIL DESA
Sejarah Desa
Desa Apitaik merupakan salah satu Desa dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Pringgabaya , merupakan Desa induk setelah pemekarannya Desa Teko Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Tanggal 19 Agustus tahun 2010. Konon menurut cerita dari nenek moyang terdahulu kata APITAIK itu sendiri mempunayai arti yaitu APIT (Bahasa sasak) yang artinya : antara atao berada di tengah – tengah dan AIK (Bahasa sasak) yang artinya : Air Jadi Desa apitaik itu sesungguhnya berada diantara dua buah Sungai (bahasa sasak = Kokoq) yaitu Kokoq tanggek dan kokoq songgen, yang sampai sekarang kedua sungai tersebut tidak pernah kekurangan air bahkan dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian masyarkat antara lain, pengumpulan pasir dan penanaman kangkung. Berawal dari keinginan masyarakat yang mengharapkan peningkatan kwalitas pelayanan public, mengingat pusat pemerintah Desa yang jaraknya cukup jauh sekitar 2,5 Kilometer dari kecamatan pringgabaya. Dengan tekad dan kejasama serta keinginan yang kuat dari masyarkat maka berdirilah sebuah Desa yang sampai sekarang dikenal dengan Desa “ APITAIK “ dan sebagai pusat pelayanan administrasi/Kantor Desa dengan ukuran 21 meter x 13 meter dirasa cukup untuk melayani masyarakat dengan jumlah penduduk sekitar ± 12.358 Jiwa. Terdiri dari 12 Kepala Kewilayahan dan 55 RT. adapun Kepala Desa yang memimpin Desa Apitaik sampai sekarang adalah MAKNAN periode 2018 – 2024.
Adapun nama – nama Pejabat Kepala Desa Apitaik sejak terbentuknya pada tahun 1870 ( HISTORIES DESA ) s/d saat ini adalah sebagai berikut :
No |
Nama Kepala Desa |
Tahun Menjabat |
1 |
JERO RAWIT |
1870 sampai dengan 1895 |
2 |
JERO BULINGWIRANNCANA |
1896 sampai dengan 1902 |
3 |
JERO JAMIAH |
1902 sampai dengan 1928 |
4 |
BAPAK KESIP |
1928 sampai dengan 1937 |
5 |
HAJI HALIDI |
1937 sampai dengan 1938 |
6 |
HAJI SAMSUDIN |
1938 sampai dengan 1939 |
7 |
MAMIK MULIASIH |
1939 sampai dengan 1948 |
8 |
HAJI ADUL HAMID |
1949 sampai dengan 1060 |
9 |
PE’ MUHDAS |
1960 sampai dengan 1973 |
10 |
HAJI ABDUL HAMID |
1973 sampai dengan 1980 |
11 |
HAJI MUH.SU’AIDI |
1980 sampai dengan 1986 |
12 |
MA’SUM |
1989 sampai dengan 1997 |
13 |
HAJI SABLI EFENDI |
1997 sampai dengan 2005 |
14 |
SYAHRUDDIN, SH |
2005 sampai dengan 2011 |
15 |
MAKNAN |
2011 sampai dengan 2017 |
16 |
MAKNAN |
2018 sampai dengan sekarang |
|
|
|
BIOGRAFI PRANGKAT DESA
No |
Nama |
Tempat dan tanggal lahir |
Jabatan |
1 |
MAKNAN |
Apitaik, 31-12-1954 |
Kepala Desa |
2 |
MAKMUN |
Sekarteja, 31-12-1964 |
Sekretaris Desa |
3 |
MUHADI |
Apitaik, 01-07-1974 |
Kaur TU/Umum |
4 |
ANDI NURYADI,A.Md. |
Apitaik, 04-06-1981 |
Kaur Keuangan |
5 |
PAHRUJI AMRI |
Apitaik, 04-2-1982 |
Kaur Perencanaan |
6 |
H.SURYADI |
Apitaik, 31-12-1977 |
Kasi Pemerintahan |
7 |
ALVIAN MUZANNI,A.Md. |
Apitaik, 28-04-1994 |
Kasi Kesejahteraan |
8 |
MASHURI, A.Md. |
Apitaik, 31-12-1980 |
Kasi Pelayanan |
9 |
SU'AIDI |
Apitaik, 05-05-1982 |
Kawil Bagek Kedok Lauk |
10 |
RUBA'I |
Apitaik, 31-12-1977 |
Kawil Bagek Kedok Daya |
11 |
SUHARDI |
Apitaik, 29-11-1968 |
Kawil Gubuk Motong |
12 |
ISMAIL MARZUKI |
Apitaik, 01-07-1975 |
Kawil Gubuk Pande |
13 |
ANWAR |
Apitaik, 05-10-1965 |
Kawil Gubuk Lekok |
14 |
MUHAMAD JALALUDIN |
Apitaik, 20-05-1983 |
Kawil Gubuk Pernek |
15 |
ISWAHYUDI |
Apitaik, 10-06-1987 |
Kawil Dasan Bagek Lauk |
16 |
PATHUL YAKIN |
Apitaik, 24-02-1965 |
Kawil Dasan Bagek Daya |
17 |
H.MUSDAR,S.Pd. |
Apitaik, 31-12-1980 |
Kawil Sampudarat |
18 |
AHMADI GAFARI |
Sembalun bumbung. 06-01-1992 |
Kawil Gubuk Jero |
19 |
SAMSUL HADI |
Apitaik, 31-12-1988 |
Kawil Gubuk Patokan |
20 |
JOHAN |
Apitaik, 31-12-1978 |
Kawil Gubuk Motong Lauk |
Desa Apitaik terdiri dari 12 Dusun yaitu:
No |
N a m a |
Luas Wilayah M2 |
Kepala kewilayahan |
1 |
Dusun Bagek Kedok Daya |
70 M2 |
RUBA’I |
2 |
Dusun Bagek Kedok Lauk |
40 M2 |
SU’AIDI |
3 |
Dusun Gubuk Motong |
40 M2 |
SUHARDI |
4 |
Dusun Gubuk Pande |
60 M2 |
ISMAIL MARZUKI |
5 |
Dusun Gubuk Lekok |
60 M2 |
ANWAR |
6 |
Dusun Gubuk Pernek |
50 M2 |
MUHAMMAD JALALUDIN |
7 |
Dusun Dasan Bagek Lauk |
45 M2 |
ISWAHYUDI |
8 |
Dusun Dasan Bagek Daya |
65 M2 |
FATHUL YAKIN |
9 |
Dusun Sampu Darat |
50 M2 |
H.MUSDAR. S.P., |
10 |
Dusun Gubuk Jero |
40 M2 |
AHAMADI GAFARI |
11 |
Dusun Gubuk Motong Lauk |
40 M2 |
JOHAN |
12 |
Dusun Gubuk Patokan |
40 M2 |
SAMSUL HADI |
Kondisi Umum Desa
Desa apitaik merupakan Desa yang terletak di kecamatan pringgabaya apitaik terletak di bagian selatan barat wilayah kecamatan pringgabaya kantor kepala Desa berada di wilayah Dusun bagek kedok lauq dengan penduduk ± 12,358 jiwa terdiri dari Jumlah penduduk Laki-laki ± 6,170 jiwa Perempuan ± 6,188 jiwa serta jumlah Kepala Keluarga Laki-laki- ± 2,920 perempuan jumlah ± 890 jiwa dan mempunyai luas wilayah ± 600 yang terdiri dari areal persawahan seluas ± 1,34 Km2 perkebunan seluas ± 0,21 Km2 dan pemukiman seluas ± 4,45 Km2 Bermata pencaharian petani dan buruh tani, agama islam merupakan agama mayoritas.
Dengan bentang wilayah yang datar dan suhu udara yang rata-rata 37o derajat celcius, wilayah ini termasuk kedalam Desa yang sebagian dialalui oleh saluran irigasi primer maupun sekunder.
Luas Desa Apitaik : ± 1.800 Km 2
Batas-batas wilaya :
Jarak dari ibukota Kecamatan : 2,5 Km2
Jarak dari ibu kota Kabupaten : ± 25 Km2
Jumlah Dusun : 12 Dusun
Data Luas Wilayah Menurut Tata Guna
No |
Tata Guna |
Luas (ha) |
Keterangan |
1 |
Tanah sawah |
|
|
2 |
Tanah kering |
|
|
3 |
Tanah basah |
|
|
4 |
Tanah perkebunan |
|
|
5 |
Tanah fasilitas umum |
|
|
6 |
Tanah hutan |
|
|
No |
Jenis Mata Pencaharian |
Jumlah |
Keterangan |
1 |
Petani |
4.232 |
|
2 |
Buruh Tani |
1.860 |
|
3 |
Pedagang |
2.284 |
|
4 |
Pertukangan |
99 |
|
5 |
Bengkel |
17 |
|
6 |
PNS |
150 |
|
7 |
TNI |
9 |
|
8 |
POLRI |
17 |
|
9 |
Pegawai swasta |
35 |
|
10 |
Pengerajin |
67 |
|
11 |
Peternak |
67 |
|
12 |
Sopir |
59 |
|
13 |
Guru Honor |
67 |
|
14 |
Penjahit |
54 |
|
15 |
Dokter |
3 |
|
16 |
Perawat |
|
|
17 |
Bidan |
|
|
18 |
Dukun beranak |
2 |
|
19 |
Guru ngaji |
32 |
|
|
|
|
|
Jumlah |
9.017 |
|
No |
Jenjang Pendidikan |
Jumlah |
1 |
Tidak bisa baca tulis |
|
2 |
Tamat SD san Setara Kejar Paket A |
329 Orang |
3 |
Pernah Sekola SD Tapi tidak tamat |
498 Orang |
4 |
Tamat SMP setara Kejar Paket B |
1.538 Orang |
5 |
Tamat SMA setara Kejar Paket C |
4.357 Orang |
6 |
Diploma/Sarjana Muda |
|
7 |
Sarjana/Pasca Serjana |
185 Orang |
8 |
S 2 |
4 Orang |
9 |
S 3 |
1 Orang |
No |
Status Perkawinan |
Laki-laki |
Perempuan |
Jumlah |
1 |
Kawin |
3.429 |
3.433 |
6.862 |
2 |
Belu Kawin |
3.011 |
2.651 |
5.662 |
3 |
Cerai Hidup |
98 |
189 |
287 |
4 |
Cerai Mati |
78 |
158 |
236 |
Jumlah |
6.616 |
158 |
13.047 |
rasarana dan Sarana Desa
NO |
JENIS SARANA TRANSPORASI |
JUMLAH (METER) |
1 |
Jalan Desa |
10,700 |
2 |
Jalan Tanah |
|
3 |
Jalan Kabupaten (diaspal) |
10,500 |
4 |
Jalan Kabupaten (tanah) |
5000 |
NO |
JENIS SARANA |
JUMLAH |
1 |
Puskesmas |
0 |
2 |
Puskesmas Pembantu |
1 |
3 |
Polindes |
1 |
4 |
Rumah Sakit |
1 |
5 |
Posyandu |
12 |
6 |
|
|
7 |
|
|
8 |
Sumur Gali |
3.799 |
9 |
MCK |
3.000 |
10 |
MCK / JAGA |
1 |
11 |
Sungai |
2 |
12 |
Embung |
|
13 |
Saluran Irigasi Primer |
|
14 |
Saluran Irigasi Skunder |
|
15 |
Saluran Irigasi Tersier |
|
NO |
JENIS SARANA |
JUMLAH SARANA |
JML. ANAK DIDIK |
1 |
TK (TAMAN KANAK-KANAK) |
5 |
|
2 |
PAUD |
5 |
|
3 |
SD/MI |
6 |
|
4 |
SLTP/MTs |
1 |
|
5 |
SLTA/MA |
1 |
|
6 |
PONPES |
1 |
|
7 |
TPQ |
35 |
|
8 |
LEMBAGA NONFORMAL |
0 |
|
NO |
JENIS SARANA |
JUMLAH SARANA |
1 |
Pasar umum |
1 |
2 |
Penggilingan padi |
1 |
3 |
Traktor |
54 |
4 |
Masjid |
5 |
5 |
Mushalla/Tpq |
35 |
6 |
Lapangan Spak Bola |
1 |
7 |
Lapangan Bulu tangkis |
0 |
8 |
Line Tenis Meja |
8 |
9 |
Tempat Pemakaman Umum |
4 |
Pemerintahan Desa dan Kelembagaan Masyarakat
NO |
JENIS SARANA |
JUMLAH |
JUMLAH PERSONIL |
1 |
Kepala Desa |
1 |
8 |
2 |
Kepala Dusun |
12 |
60 |
3 |
LKMD |
1 |
15 |
4 |
BPD |
1 |
9 |
5 |
Karang Taruna |
1 |
76 |
6 |
PKK |
1 |
48 |
7 |
Lembaga Adat |
|
0 |
8 |
Ketua RT |
55 |
|
9 |
Kader Posyandu |
60 |
|
10 |
PAM SWAKARSA |
|
0 |
11 |
Badan Keamanan Desa (BKD)/Linmas |
|
12 |
12 |
Kelompok Tani pangan |
|
0 |
13 |
Kelompok Tani Ternak |
|
0 |
14 |
P 3 A |
|
0 |
15 |
Kelompok tahlilan |
12 |
10 |
16 |
Kelompok Posyandu |
12 |
|
17 |
Remaja Masjid |
5 |
|
18 |
Lembaga Pendidikan TPK/Diniyah |
|
|
19 |
Yayasan/PONPES |
|
1 |
20 |
Panti Asuhan (PA) |
|
0 |
Potensi Sumber Daya Alam lainnya
NO |
TANAMAN PANGAN |
JUMLAH |
SATUAN |
1 |
Padi |
|
Ton/ha |
2 |
Padi Ladang |
|
Ton/ha |
3 |
Jagung |
|
Ton/ha |
4 |
Kacang Kedelai |
|
Ton/ha |
5 |
Kacang tanah |
|
Ton/ha |
6 |
Kacang Panjang |
|
Ton/ha |
7 |
Ubi kayu |
|
Ton/ha |
8 |
Cabe |
|
Ton/ha |
9 |
Tomat |
|
Ton/ha |
10 |
Kacang Ijo |
|
Ton/ha |
NO |
TERNAK |
JUMLAH |
SATUAN |
1 |
Sapi |
|
Ekor |
2 |
Kerbau |
|
Ekor |
3 |
Ayam |
|
Ekor |
4 |
Bebek |
|
Ekor |
5 |
Kambing |
|
Ekor |
6 |
Kuda |
|
Ekor |
Permasalahan dan Isu Strategis Desa
Permasalahan dan isu strategis yang berkembang di Desa Apitaik dan Arah kebijakan yang ditetapkan untuk menyelesaikannya, ditampilkan dalam tabel berikut :
ISU STRATEGIS |
ARAH KEBIJAKAN |
1. Peningkatan kinerja aparatur pemerintahan Desa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
2. Kebutuhan sarana dan prasarana yang tersedia untuk aparatur pemerintahan Desa yang memadai.
3. Masih kurangnya aparatur pemerintah Desa. adanya Kepala Dusun yang masih lowong. |
1. Mewujudkan penambahan tunjangan aparatur pemerintahan Desa untuk meningkatkan motivasi kinerja dalam melayani masyarakat.
2. Terpenuhinya sarana dan prasarana yang dimiliki aparatur pemerintahan Desa, maka akan meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat.
3. Terpenuhinya kebutuhan masyarakat dalam bidang pelayanan dalam melayani masyarakat. |
ISU STRATEGIS |
ARAH KEBIJAKAN |
1. Kebutuhan masyarakat untuk peningkatan sumber daya manusia baik secara akademik maupun life skill.
2. Tersedianya dukun beranak yang terlatih
3. Peningkatan sarana dan prasarana transportasi berupa pembukaan jalan usaha tani dalam menunjang kelancaran dari pada perekonomian masyarakat dan sarana umum lainnya.
4. Peningkatan sarana dan prasarana tempat ibadah |
1. Mewujudkan masyarakat agar dapat menikmati pendidikan, baik melalui lembaga formal maupun non formal dengan melaksanakan kegiatan berupa : - Rahab sekolah pada setiap jenjangnya - Rehab TK dan Pembangunan TK bagi anak tidak mampu
2. Peningkatan pelayanan untuk ibu hamil dan melahirkan dengan pemberdayaan dukun beranak. Kegiatan : - Memfasilitasi masyarakat dalam pembuatan MCK - Mengoptimalkan sumber mata air untuk pembuatan sumur gali dan atau sumur bor - Membangun kerjasama yang baik dengan pihak dinas kesehatan untuk pemberdayaan dukun beranak, pelayanan posyandu, penyuluhan kesehatan, peningkatan gizi anak, pola hidup sehat.
3. Terwujud fasilitas jalan yang layak dan memadai dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat miskin dan tersedianya fasilitas umum lainnya yang layak kegiatan berupa : Perbaikan jalan kabupaten, perbaikan jalan Desa, pembukaan jalan Usaha Tani jalan alternatif Desa,pembangunan dan rehab saluran irigasi rabat beton, Pembuatan Jembatan, pembangunan pasar atau pusat ekonomi Desa.
4. Terwujudnya sarana dan prasarana tempat ibadah, maka akan terwujudnya masyarakat Desa yang religius.
|
2.2.3.Bidang Pembinaan
ISU STRATEGIS |
ARAH KEBIJAKAN |
1. Menciptakan rasa aman bagi masyarakat
2. Kebutuhan masyarakat untuk peningkatan sumber daya manusia baik secara akademik maupun life skill.
3. Terdaftarnya jumlah penduduk jompo, lansia, anak yatim dan anak terlantar yang membutuhkan pembinaan dan perhatian dari masyarakat lainnya dan pemerintah.
|
1. Terwujudnya situasi dan kondisi lingkungan yang kondusif, tentram dan nyaman dengan kegiatan : pembuatan pos ronda, patroli keamanan dari aparat polisi, pengaktipan hansip, pemberdayaan yang intensitas, Penyusunan Perdes, Pemasangan lampu jalanan.
2. Mewujudkan masyarakat agar dapat menikmati pendidikan,baik melalui lembaga formal maupun non formal dengan melaksanakan kegiatan berupa : - Peningkatan mutu siswa, peningkatan kapasitas tenaga pengajar - Meningkatkan kerjasama dengan dinas pendidikan ,pihak komite sekolah ,dan masyarakat Desa - Pemberantasan buta aksara - Pembentukan dan pemberdayaan lembaga-lembaga pendidikan non formal - Honorium bagi tenaga sukarelawan pada lembaga-lembaga non formal - Pelatihan ketrampilan bagi pemuda pemudi - Tersedianya akses informasi pendidikan
3. Pembinaan bagi masyarakat jompo, lansia, anak yatim ataupun anak terlantar, agar kehidupannya sama dengan masyarakat lainnya. Dalam peningkatan kesejahteraaan hidupnya kegiatan berupa pemberian santunan bagi lansia/jompo, santunan bagi anak yatim, pembinaan ketrampilan bagi lansia, anak yatim. |
2.2.4. Bidang Pemberdayaan
ISU STRATEGIS |
ARAH KEBIJAKAN |
1. Peningkatan pendapatan petani masyarakat miskin
2. Peningkatan pendapatan masyarakat miskin
3. Tersedianya sumber daya alam berupa tegalan/ladang
4. Peningkatan ketrampilan kerajinan serta pengembangan usaha-usaha kecil lainnya.
5. Banyaknya para pemuda dan perempuan yang memiliki sumber daya manusia dibidang akademik tapi kurang dalam bidang ketrampilan atau pada life skillnya.
|
1. Meningkatkan pendapatan petani malalui peningkatan produktifitas pertanian, pelayanan dan peningkatan fasilitas dengan kegiatan : Pembinaan kelompok tani, P3A, Pelatihan petani, Pengembangan jenis tanam, perbaikan saluran irigasi, pembangunan embung, Penyuluhan intensif, pemberian kredit lunak bagi petani miskin, pembangunan fasilitas penjualan saran produksi pertanian, kontrol pasar dan pemasaran.
2. Meningkatkan pendapatan masyarakat miskin yang tidak memiliki lahan atau petani dengan lahan yang tergolong kecil dengan kegiatan : penggemukan sapi dan kambing,uji coba ternak unggas seperti ayam potong dll, penyuluhan dan pelayanan kesehatan ternak, pelatihan sistem pengelolaan ternak, serta manajemen pemasaran.
3. Meningkatkan hasil lahan tidu dengan penanaman jenis tanaman yang berjangka panjang dan atau tanaman semusim dengan kegiatan : Pelatihan kelompok, pembinaan kelompok, pengembangan jenis tanaman, pelatihan tentang sistem pengolahan holtikultura, pelatihan sistem pemasaran.
4. Meningkatnya kemampuan pengelolaan usaha kerajinan atau anyaman dan berkembangnya usaha-usaha mikro lainnya. Dengan kegiatan : bantuan dana bergulir bagi usaha kerajinan,bantuan dana bergulir/kredit lunak bagi pedagang kecil dan bakulan,penyediaan fasilitas pengelolaan dan pemasaran hasil usaha kerajinan anyaman, pembinaan kelompok usaha, pelayanan simpan pinjam bagi masyarakat miskin.
5. Meningkatkan ketrampilan para pemuda dan perempuan dalam life skillnya, yang berkompeten pada bidangnya dengan kegiatan: pelatihan bagi aparat Desa, pengadaan sarana dan prasarana pelayanan, mengevaluasi kinerja aparat pemerintah Desa.
|
Isu Strategis Pembangunan Kabupaten
Umum
Kawasan strategis wilayah kabupaten merupakan bagian wilayah kabupaten yang penataan ruangnya diprioritaskan, karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup kabupaten terhadap ekonomi, sosial budaya, dan/atau lingkungan. Penentuan kawasan strategis kabupaten lebih bersifat indikatif. Batasan fisik kawasan strategis kabupaten akan ditetapkan lebih lanjut di dalam rencana tata ruang kawasan strategis yang merupakan Rencana Rinci dari Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten, fungsi Kawasan Strategis Kabupaten adalah :
Kriteria Kawasan strategis wilayah kabupaten :
Sebaran kawasan strategis kawasan strategis kabupaten digambarkan dalam peta kawasan strategis dengan skala peta minimal 1:50.000. Penentuan batasan fisik kawasan strategis kabupaten pada RT/RW kabupaten lebih bersifat indikatif.
Penetapan kawasan strategis harus didukung oleh tujuan tertentu daerah sesuai pertimbangan aspek strategis masing-masing kabupaten. Kawasan strategis yang ada di kabupaten memiliki peluang sebagai kawasan strategis nasional dan provinsi. Penetapan kawasan strategis kabupaten didasarkan pada kesepakatan para pemangku kepentingan dan kebijakan yang ditetapkan.
Kawasan Strategis
Kawasan Strategis selain Kawasan strategis Kabupaten yang terdapat di Kabupaten Lombok Timur adalah:
Kawasan strategis nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi di Pulau Lombok dan memiliki fungsi hidrologis yang sangat penting untuk keberlanjutan sumber daya air di Kabupaten Lombok Timur khususnya dan Pulau Lombok pada umumnya. Dengan keberadaan ini maka secara nasional Gunung Rinjani merupakan salah satu kawasan yang strategis dari sudut kepentingan pelestarian lingkungan dan ekosistem nasional.
Selama ini pemanfaatan ruang di sekitar wilayah Gunung Rinjani adalah sebagai kawasan hutan lindung. Selain itu di kawasan hutan lindung ini juga berkembang beberapa satwa dan flora yang harus dilindungi keberadaannya. Dalam rencana pola ruang, terdapat beberapa alokasi dalam pemanfaatan ruang, yaitu:
Sedangkan untuk Taman Nasional Gunung Rinjani yang merupakan kawasan pelestarian alam dengan luas 27.445 Ha.
Selain potensi yang dimiliki, kawasan Gunung Rinjani juga merupakan salah satu gunung aktif yang ada di indonesia, sehingga sewktu-waktu akan menjadi permasalahan yang cukup besar apabila terjadi bencana letusan, oleh sebab itu Gunung Rinjani merupakan kawasan rawan bencana letusan Gunung Rinjani.
Kawasan Gunung Rinjani dalam pengelolaannya merupakan kewenangan pemerintah pusat, namun potensi dan permasalahan terkait keberadaan gunung ini sangat erat hubungannya dengan Kabupaten Lombok Timur, maka ada beberapa hal yang perlu ditentukan, antara lain:
Kawasan Strategis yang ada ditetapkan diwilayah Kabupaten Lombok Timur yang merupakan Kawasan Strategis Provinsi yaitu:
Distrik/pusat untuk Kawasan Agropolitan Rasimas (Sakra, Sikur dan Masbagik) adalah di sekitar Desa Paok Montong. Hal ini dengan pertimbangan telah tersedianya fasilitas eksisting berupa pasar skala lokal serta lokasinya yang cukup strategis baik terhadap jalur eksternal maupun internal kawasan. Selain itu beberapa fasilitas yang juga diarahkan di distrik agropolitan ini adalah pusat koleksi komoditas perkebunan sebagai bahan mentah industri, dan pusat fasilitas pelayanan publik skala beberapa Desa misalnya: pergudangan maupun industri pengolahan hasil-hasil perkebunan.
Kawasan agropolitan Sembalun dikembangkan di seluruh Desa yang termasuk Kecamatan Sembalun namun hinterland dari kawasan ini juga mencapai Desa-Desa di sekitar Kecamatan Sambelia. Produk unggulan di kawasan ini adalah bawang putih, bawang merah, Kubis, kentang
Dalam rangka mengembangkan Kawasan Agropolitan Sembalun. Terdapat beberapa hal yang diarahkan yaitu:
Kawasan Sentra Produksi (KSP) Aikmel – Wanasaba merupakan kawasan yang dikembangkan guna mendorong perkembangan sektor peternakan di Kabupaten Lombok Timur. Untuk menentukan KSP Aikmel-Wanasaba ini yang perlu dipertimbangkan adalah ketersediaan lahan terutama lahan-lahan yang tidak termanfaatkan untuk kegiatan pertanian. Berdasarkan data yang ada maka Desa-Desa yang memiliki ketersediaan lahan yang sesuai untuk KSP ini adalah Desa Aikmel, Lenek Daya, Aikmel Utara, Kembang Kerang, Wanasaba dan Karangbaru.
Walaupun demikian KSP ini memiliki wilayah hinterland adalah seluruh kecamatan sebagai penyangga yang ada di Kabupaten Lombok Timur juga termasuk wilayah Sumbawa. Di kawasan sentra produksi ini akan dikembangkan sarana dan prasarana pendukung produksi peternakan, antara lain: kandang ternak untuk ternak besar, kecil maupun unggas, rumah potong hewan (RPH), pusat pengembangan peternakan (breeding dan karantina), industri pengolahan hasil-hasil ternak, dan lain sebagainya.
Untuk mendukung KSP Aikmel-Wanasaba ini ada beberapa langkah yang perlu dilaksanakan, antara lain:
Kawasan Perkotaan pada dasarnya direncanakan atau tidak direncanakan akan selalu mengalami perumbuhan dan perkembangan sesuai dengan dinamika masyarakat dan berbagai krgiatan yang ada, Perkembangan kawasan perkotaan tidak akan sama antara satu kawasan perkotaan dengan perkotaan lainnya. Kawasan perkotaan yang mempunyai potensi besar cenderung berkembang dengan cepat, sedangkan kawasan perkotaan yang potensinya kurang, perkembangannya relatif lambat. Perkembangan dan pertumbuhan pada kawasan perkotaan dipengaruhi oleh adanya peningkatan intensitas kegiatan, penggunaan tanah perkotaan semakin intensif, tingginya mobilisasi penduduk sehingga kebutuhan tanah untuk pengembangan fisik semakin meningkat.
Melihat dari kecenderungan terjadinya perkembangan yang pesat kawasan perkotaan selong yang dapat dilihat dari peningkatan intensitas kegiatan, penggunaan tanah perkotaan semakin intensif, tingginya mobilisasi penduduk menunjukan kecenderungan perluasan kawasan perkotaan yang ditandai dengan semakin tingginya intensitas penggunaan lahan serta adanya indikasi penyatuan antar kawasan mulai Masbagik, Masabagik Timur, Desa Aik Anyar, Desa Dasan Lekong hingga Labuan Haji. Kawaan Perkotaan Selong dikembangkan sebagai pusat perdagangan dan jasa, Pusat Pemerintahan, Pusat Pendidikan, Pusat kegiatan agro industri dan kegiatan lainnya. Cakupan Wilayah yang akan dikembangkan antara lain:
Secara garis besar pengembangan kawasan industri ini diharapkan dapat menampung kegiatan: