Selamat Datang di Webside Resmi Desa Apitaik - Kecamatan Pringgabaya Kabupaten lombok Timur Kami siap melayani anda sepenuh hati "Bersama Kita Bisa"

Artikel

TUGAS-TUGAS KADER POSYANDU

10 Juni 2022 08:16:41  HSURYADI  7.840 Kali Dibaca  Agenda Desa

TUGAS-TUGAS KADER POSYANDU

Penyelenggaraan kegiatan Posyandu diselenggarakan 1 bulan penuh, dengan hari buka Posyandu untuk penimbangan 1 bulan sekali. Secara umum, tugas-tugas kader dalam rangka menyelenggarakan kegiatan Posyandu, dibagi dalam 3 kelompok yaitu :

  1. Tugas sebelum hari buka Posyandu atau disebut juga tugas pada H- Posyandu, yaitu berupa tugas-tugas persiapan oleh kader agar kegiatan pada hari buka Posyandu berjalan dengan baik
  2. Tugas pada hari buka Posyandu atau disebut juga pada H Posyandu, yaitu berupa tugas-tugas untuk melaksanakan pelayanan 5 kegiatan
  3. Tugas sesudah hari buka Posyandu atau disebut juga tugas pada H+ Posyandu . yaitu berupa tugas-tugas setelah hari Posyandu

 Tugas-tugas kader Posyandu pada H – atau saat persiapan hari buka Posyandu, meliputi :

  1. Menyiapkan alat dan bahan, yaitu : alat penimbangan bayi dan balita, Kartu Menuju Sehat (KMS), alat peraga, alat pengukur LILA, obat-obatan yang dibutuhkan (tablet besi, vitamin A, Oralit, dan lain-lain sesuai kebutuhan), bahan/materi penyuluhan dan lain-lain
  2. Mengundang dan menggerakkan masyarakat, yaitu memberitahu ibu-ibu untuk datang ke Posyandu, serta melakukan pendekatan tokoh yang bisa membantu memotivasi masyarakat untuk datang ke Posyandu
  3. Menghubungi Pokja Posyandu, yaitu menyampaikan rencana kegiatan kepada kantor desa / kelurahan dan meminta mereka untuk memastikan apakah petugas sektor bisa hadir pada hari buka Posyandu
  4. Melaksanakan pembagian tugas, yaitu menentukan pembagian tugas diantara kader Posyandu baik untuk persiapan maupun pelaksanaan kegiatan

 Tugas-tugas kader pada hari buka Posyandu disebut juga dengan tugas pelayanan 5 langkah kegiatan meliputi :

Kegiatan 1, tugas-tugas kader sebagai berikut :

  1. Mendaftar bayi / Balita, yaitu menuliskan nama bayi / Balita pada KMS dan secarik kertas yang diselipkan pada KMS
  2. Mendaftar ibu hamil, yaitu menuliskan nama ibu hamil pada Formulir atau Register Ibu Hamil

 Kegiatan 2, tugas-tugas kader sebagai berikut :

  1. Menimbang bayi / balita
  2. Mencatat hasil penimbangan pada secarik kertas yang akan dipindahkan pada KMS

 Kegiatan 3, tugas-tugas kader sebagai berikut:

Mengisi KMS atau memindahkan catatan hasil penimbangan balita dari secarik kertas kedalam KMS anak tersebut.

 Kegiatan 4, tugas-tugas kader sebagai berikut :

  1. Menjelaskan data KMS atau keadaan anak berdasarkan data kenaikan berat badan yang digambarkan grafik KMS kepada ibu dari anak yang bersangkutan.
  2. Memberikan nasehat kepada setiap ibu dengan mengacu pada data KMS anaknya atau dari hasil pengamatan mengenai masalah yang dialami sasaran
  3. Memberikan rujukan ke Puskesmas apabila diperlukan, untuk balita, ibu hamil dan menyusui berikut ini :
  • Balita : apabila berat badannya dibawah garis merah (BGM) pada KMS, 2 kali berturut-turut berat badannya tidak naik, kelihatan sakit (lesu-kurus, busung lapar, diare, rabun mata dan sebagainya)
  • Ibu hamil atau menyusui : apabila keadaannya kurus, pucat, bengkak kaki, pusing terus menerus, pendarahan, sesak napas, gondokan dan sebagainya
  • Orang sakit
  • Memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar oleh kader Posyandu, misalnya pemberian tablet tambah darah (tablet besi), vitamin A, Oralit, dan lain sebagainya.

 Kegiatan 5, merupakan kegiatan pelayanan sektor yang biasanya dilakukan oleh petugas kesehatan, PLKB, dan lain-lain. Pelayanan yang diberikan antara lain :

  1. Pelayanan Imunisasi
  2. Pelayanan Keluarga Berencana (KB)
  3. Pengobatan
  4. Pemberian tablet tambah darah (tablet besi), vitamin A dan obat-obatan lainnya
  5. Pemeriksaan kehamilan bagi Posyandu yang memiliki sarana yang memadai dan lain-lain sektor yang terkait.

 Tugas-tugas kader setelah hari buka Posyandu, meliputi :

  1. Memindahkan catatan-catatan pada Kartu Menuju Sehat (KMS) kedalam buku register atau buku Bantu kader
  2. Menilai (mengevaluasi) hasil kegiatan dan merencanakan kegiatan hari Posyandu pada bulan berikutnya
  3. Kegiatan diskusi kelompok (penyuluhan kelompok) bersama orang tua balita yang lokasi rumahnya berdekatan (kelompok Dasawisma)
  4. Kegiatan kunjungan rumah (penyuluhan perorangan), sekaligus untuk tindak lanjut / rujukan dan mengajak orang tua balita datang ke Posyandu pada kegiatan bulan berikutnya

NAMA - NAMA KADER POSYANDU 

NO

N A M A

JABATAN

ALAMAT DUSUN

KET

1

NURHAYANI

KETUA

SAMPU DARAT

 

2

EKA SASMIATI

SEKRETARIS

SAMPU DARAT

 

3

HARNI

BENDAHARA

SAMPU DARAT

 

4

SAPTA WATI

ANGGOTA

SAMPU DARAT

 

5

SOLATURROHMI

ANGGOTA

SAMPU DARAT

 

6

HAMDIAH

KETUA

BAGEK KEDOK DAYA

 

7

INDRIANI

SEKRETARIS

BAGEK KEDOK DAYA

 

8

RUSMIATI

BENDAHARA

BAGEK KEDOK DAYA

 

9

AMINAH

ANGGOTA

BAGEK KEDOK DAYA

 

10

SITI NURHALISA

ANGGOTA

BAGEK KEDOK DAYA

 

11

SA’ADAH

KETUA

BAGEK KEDOK LAUK

 

12

HUSNUL MUADDAH

SEKRETARIS

BAGEK KEDOK LAUK

 

13

WATUL AINI

BENDAHARA

BAGEK KEDOK LAUK

 

14

FITRIANI

ANGGOTA

BAGEK KEDOK LAUK

 

15

BUDI HARTI

ANGGOTA

BAGEK KEDOK LAUK

 

16

RAHMAWATI

KETUA

GUBUK JERO

 

17

MAULINA

SEKRETARIS

GUBUK JERO

 

18

SARTIKA MALA SARI

BENDAHARA

GUBUK JERO

 

19

MILATUL AINI

ANGGOTA

GUBUK JERO

 

20

BAIQ MARIATUL LATIFAH

ANGGOTA

GUBUK JERO

 

21

SUS SILAWATI

KETUA

GUBUK MOTONG

 

22

NURUL HIDAYAH

SEKRETARIS

GUBUK MOTONG

 

23

NINING NIVIANTI

BENDAHARA

GUBUK MOTONG

 

24

HUSNA

ANGGOTA

GUBUK MOTONG

 

25

NANA MARDIANA

ANGGOTA

GUBUK MOTONG

 

26

HADNIAH

KETUA

GUBUK MOTONG LAUK

 

27

NURHASANAH

SEKRETARIS

GUBUK MOTONG LAUK

 

28

HADIJAH

ANGGOTA

GUBUK MOTONG LAUK

 

29

SUNARTI

ANGGOTA

GUBUK MOTONG LAUK

 

30

NURUL HADIATI

ANGGOTA

GUBUK MOTONG LAUK

 

31

ROHMATULLAELI

KETUA

GUBUK PANDE

 

32

REHANAH

SEKRETARIS

GUBUK PANDE

 

33

HELMIARTI

ANGGOTA

GUBUK PANDE

 

34

PATMAWATI

ANGGOTA

GUBUK PANDE

 

35

MURNI

ANGGOTA

GUBUK PANDE

 

36

RITA SAHARA

KETUA

GUBUK PATOKAN

 

37

SAHINUN

SEKRETARIS

GUBUK PATOKAN

 

38

HULAENI

BENDAHARA

GUBUK PATOKAN

 

39

NURHASANAH

ANGGOTA

GUBUK PATOKAN

 

40

SRI MAULIDA

ANGGOTA

GUBUK PATOKAN

 

41

SA’ADAH

KETUA

GUBUK LEKOK

 

42

SUHERLINA

SEKRETARIS

GUBUK LEKOK

 

43

FITRIANA

BENDAHARA

GUBUK LEKOK

 

44

ROHANA

ANGGOTA

GUBUK LEKOK

 

45

NURHIDAYAH

ANGGOTA

GUBUK LEKOK

 

46

MASTARIAH

KETUA

GUBUK PERNEK

 

47

HENI ROSITA

SEKRETARIS

GUBUK PERNEK

 

48

HERLINA

BENDAHARA

GUBUK PERNEK

 

49

NUR’AINI

ANGGOTA

GUBUK PERNEK

 

50

MARHAMAH

ANGGOTA

GUBUK PERNEK

 

51

SRIATI

KETUA

DSN BAGEK LAUK

 

52

RINA RISTIANA

SEKRETARIS

DSN BAGEK LAUK

 

53

SRI ROHMI

BENDAHARA

DSN BAGEK LAUK

 

54

ISNAENI

ANGGOTA

DSN BAGEK LAUK

 

55

SUPRIAWATI

ANGGOTA

DSN BAGEK LAUK

 

56

HUSMIATI

KETUA

DSN BAGEK DAYA

 

57

MUSLIHATIN

SEKRETARIS

DSN BAGEK DAYA

 

58

SASWADI

BENDAHARA

DSN BAGEK DAYA

 

59

SUNIMAH

ANGGOTA

DSN BAGEK DAYA

 

60

ROHMI

ANGGOTA

DSN BAGEK DAYA

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Apitaik - Labuhan Lombok
Desa : Apit Aik
Kecamatan : Pringgabaya
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83654
Telepon : 03700000
Email : pemdes.apitaik@gmail.com